Dibaca : 27 Kali

Waspada Tanda-Tanda Penuaan Dini! Cegah dengan Menggunakan Skin Care

Blog
04 Nov

Tua adalah hal yang pasti terjadi. Namun tahukah kamu ternyata penuaan bisa terjadi lebih cepat. Inilah yang sering disebut dengan istilah penuaan dini. Jika hal ini terjadi, tentu dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja tanda-tanda penuaan dini dan cara mengatasinya agar proses penuaan bisa lebih lambat.

Flek atau Bintik Hitam

Menurut Healthline, bintik hitam atau flek hitam pada wajah adalah salah satu tanda penuaan yang sering disebabkan paparan matahari setelah sekian lama. Biasanya, kondisi ini mulai terjadi pada usia 40an. Jika tidak segera ditangani dan diabaikan, flek hitam ini bisa berkembang lebih banyak dan meluas di bagian tubuh lainnya. Tentunya, kondisi ini akan mengganggu penampilan kamu bukan?

Kulit Kering & Kusam

Mengutip Medicine Net, kulit cerah merona seiring bertambah usia memang akan hilang, karena tingkat kelembapan di lapisan atas kulit yang semakin lama akan menghilang. Namun, jika kulit cerah merona hilang lebih awal, bisa jadi ini adalah tanda penuaan dini. Biasanya, tanda penuaan dini satu ini juga akan dibarengi dengan kulit yang lebih kering akibat menurunnya fungsi kelenjar minyak dalam kulit. 

Munculnya Garis Halus

Sering senyum memang bisa menunjukkan keramahan. Namun, jika kamu temui ada garis halus yang mendalam, maka itu adalah tanda penuaan dini. Adanya garis-garis halus di wajah terutama di area yang sering terlipat seperti garis senyum, area sekitar mata dan dahi, menjadi tanda bahwa kadar kolagen dalam kulit mulai menurun.

Kolagen dan elastin adalah protein penting dalam jaringan kulit yang membantu  menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Sehingga, kurangnya kadar kolagen dan elastin akan membuat kulit kamu kehilangan elastisitasnya, sehingga muncul garis-garis halus yang dapat berkembang menjadi kerutan.

Kelopak Mata Menurun

Kelopak mata menurun di usia muda juga bisa jadi pertanda penuaan dini. Jika hal ini terjadi, kamu perlu berhenti menggosok mata lebih dari biasanya jika kelopak mata mulai terkulai. Hal ini sering dikenal sebagai ptosis, yaitu kelopak mata menurun yang terjadi karena seringnya menggunakan kontak lens atau akibat dari operasi mata.

Kulit Tampak Turun

Bukan hanya kelopak mata saja yang menurun, proses penuaan dini juga sering ditandai dengan berkurangnya elastisitas kulit. Sehingga, kulit wajah akan tampak turun. Area yang jelas terlihat ketika penuaan terjadi adalah area pipi, dagu, dan leher. Karena sudah tidak sekenyal dulu, pipi, dagu, dan leher akan terlihat turun. Selain itu, pada area leher juga akan muncul kerutan dan keriput.

Pori-Pori Lebih Terlihat

Seiring bertambah usia, pori-pori jadi akan lebih terlihat dan semakin besar. Hal ini juga terjadi karena berkurangnya elastisitas kulit yang menimbulkan tumbukan kotoran dan debu yang bercampur dengan sebut. Jika hal ini terjadi, maka kulit wajahmu pun akan rentan menimbulkan jerawat.

Itulah beberapa tanda penuaan dini yang perlu kamu waspadai. Untuk menghindari penuaan dini, pastikan kamu selalu merawat kulut wajahmu dengan rangkaian produk anti aging dari Lanore, mulai dari Serum intelgold, Serum Whitening & Anti Aging, Moisturizer Cleansing Gel, Anti Aging Eye Gel. Dengan Lanore, kamu bisa memperlambat proses penuaan hingga membantu kulitmu tampak lebih segar dan cerah. Yuk mulai rawat kulitmu sejak dini dengan Lanore!