Dibaca : 386 Kali

Skin Fasting, Perlukah Kulitmu Ikut “Berpuasa” di Bulan Ramadan?

Blog
03 May

Puasa yang berarti tak makan dan minum selama jangka waktu tertentu di bulan Ramadan pastinya sudah kamu ketahui dengan jelas. Namun ada beberapa jenis puasa lainnya yang tak disangka ada dan berhubungan dengan kulit! Pernahkah kamu mendengar istilah “skin fasting”? Jika istilah ini masih asing bagimu, saatnya kamu cari tahu lebih dalam tentang metode satu ini dan mengetahui apakah hal ini perlu untuk dilakukan atau tidak. Simak di sini, ya!

 

Apa itu Skin Fasting?

Skin fasting merupakan salah satu metode yang dipercaya membawa keuntungan bagi kulit. Seperti namanya yang mengandung kata “fasting” atau “puasa”, metode ini menganjurkan untuk menghentikan penggunaan skin care dalam jangka waktu tertentu yang dianggap dapat mengiritasi kulit.

 

Benarkah Skin Fasting bermanfaat?

Tak semua orang bisa mendapatkan manfaat dari metode ini. Jenis kulit yang berbeda membuat skin fasting tak begitu memberi efek positif, terutama bagi pemilik kulit kering atau berjerawat. Oleh karena itu, penghentian penggunaan skin care juga harus diperhatikan lagi karena kulit tetap membutuhkan perlindungan dasar.

 

Skin fasting vs keseharian

Pemilik kulit normal yang memiliki keseharian yang mengharuskan berada di ruangan ber-AC atau berada di bawah sinar matahari tak dianjurkan untuk melakukan skin fasting. Hal ini disebabkan kulit akan menjadi lebih kering karena faktor eksternal dan membutuhkan bantuan produk skin care, seperti moisturizer untuk mengembalikan kelembapannya. Kulit yang dibiarkan kering dapat menjadi tempat yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. Jika kulit kering terpapar oleh bakteri, maka kulit dapat terinfeksi sehingga muncul ruam merah yang terasa gatal. Selain itu, tidak adanya perlindungan dari skin care dapat menyebabkan beberapa masalah kulit lainnya, seperti munculnya kerutan halus, bintik hitam, hingga iritasi ringan.

 

Apa yang harus kamu lakukan?

Jika kamu memiliki kulit normal dan tidak memiliki masalah kulit apapun, skin fasting bisa saja dicoba untuk dilakukan. Namun, jika kulit bermasalah, sebaiknya tetap menggunakan skin care karena produk tersebut dapat memberikan nutrisi yang hilang dan dibutuhkan oleh kulit sehari-hari dan melindungi dari paparan kotoran serta radikal bebas. Untuk perawatan harian, mulai dengan memastikan kulit wajah bersih dari kotoran dengan Lanore Moisturizer Cleansing Gel dengan Extra Beads Vitamin E. Efektif mengangkat kotoran sekaligus melembapkan dengan bahan ekstrak alami Aloe Vera, Opuntia Ficus untuk mengencangkan dan memberi efek lembut pada kulit, Vitamin E sebagai antioksidan, dan ekstrak Lemon dengan Vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Apakah kamu termasuk yang menjalankan skin fasting? Walaupun bisa memberi hasil baik, namun penerapan metode ini dalam waktu lama justru bisa memberi efek negatif. Jangan lupa bahwa kulit membutuhkan perawatan untuk tetap tampak cerah, sehat, dan bebas tanda penuaan dini. Gunakan Lanore, produk antiaging yang bisa membantu kulitmu tampak muda lebih lama!