Dibaca : 83 Kali

Yuk Simak Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat!

News
02 Oct

Kurang tidur dan lelah sering membuat kelopak mata menjadi menghitam dan membentuk kantung mata. Kondisi ini sering disebut dengan mata panda. Namun, nyatanya mata panda ini terjadi bukan hanya karena kurang tidur, tapi juga sering terjadi pada orang yang mengalami dehidrasi, penuaan, atau menderita penyakit tertentu. Orang dengan mata panda akan terlihat letih dan nampak lebih tua dari usia sebenarnya. Lalu, apa saja sebenarnya penyebab mata panda dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Mata Panda

Ada banyak hal yang menyebabkan kondisi mata panda seperti:

1. Kurang tidur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mata panda sering terjadi pada orang yang kurang waktu tidur. Di mana, ketika kurang tidur, darah tidak mampu mengalir dengan baik ke area sekitar mata. Sehingga, darah yang menumpuk di bawah mata dapat terlihat karena kulit di area tersebut sangat tipis. Bukan hanya mata panda, kurang tidur juga membuat mata terlihat bengkak dan tampilan wajah menjadi kusam.

2. Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis dan mulai kehilangan elastisitasnya. Ketika kondisi ini terjadi, maka pembuluh darah di bawah mata akan semakin terlihat jelas sehingga muncullah mata panda.

3. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari sering menjadi pemicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Paparan sinar matahari yang mengenai mata juga bisa menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

4. Kebiasaan menatap layar

Sering menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama bisa membuat ketegangan pada mata yang menyebabkan kulit di area mata menjadi gelap. Hal ini jugalah yang membyat pembuluh darah di sekitar mata membesar.

5. Faktor genetik

Mata panda juga bisa diturunkan dalam keluarga, misalnya orang tua ke anaknya. Selain itu, orang dengan kulit lebih gelap juga lebih berisiko mengalami mata panda.

6. Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan kusam, sehingga memicu munculnya mata panda.

7. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan mata panda. Efek mengonsumsi alkohol dan merokok secara jangka panjang dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkaran di sekitar mata pun terlihat lebih gelap. Selain itu, merokok juga dapat memicu kerusakan kolagen yang membuat kulit menjadi kendur dan kusam.

8. Alergi

Reaksi alergi dan mata kering juga bisa menjadi pemicu lingkaran hitam pada mata. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi. Histamin inilah yang membuat pembuluh darah melebar dan menjadi lebih terlihat, termasuk di bagian bawah mata.

Cara Mengatasi Mata Panda

Meski tidak berdampak serius pada kesehatan, mata panda tentu akan membuat penampilan menjadi kurang baik. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengatasi mata panda. Bagaimana caranya?

1. Kompres mata

Untuk menghilangkan mata panda, kamu bisa coba mengompres mata dengan air dingin. Cobalah bungkus es batu dengan kain bersih, kemudian pejamkan mata dan letakkan kompres dingin tersebut selama 20 menit. Dengan kompres dingin inilah kamu bisa mengurangi pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah di area bawah mata.

2. Tidur cukup

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab mata panda adalah kurang tidur. Oleh karena itu, pastikan kamu mencukupi waktu istirahat setiap malamnya selama 7–9 jam.

3. Hindari merokok dan minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga menjadi salah satu penyebab terjadinya mata panda. Oleh karena itu, cobalah berhenti melakukan kebiasaan tersebut demi mencegah mata panda.

4. Gunakan eye cream

Untuk mengatasi mata panda, kamu juga bisa menggunakan krim yang mengandung retinol, kafein, atau vitamin C yang bantu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Kamu bisa coba menggunakan Lanore Anti Aging Eye Gel untuk mengatasi masalah pada kantung mata. Kandungan alaminya mampu menghilangkan wrinkles, dark circles, & puffiness di area sekitar mata. Untuk hasil maksimal, gunakan setiap hari dan sesering mungkin.

5. Tutupi dengan riasan

Penggunaan concealer di bagian bawah mata juga bisa membantu menyamarkan mata panda. Pilihlah concealer sesuai warna kulit dan oleskan tipis-tipis.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mata panda yang  bisa kamu lakukan. Setelah mengetahui penyebabnya pastikan juga untuk selalu menggunakan rangkaian produk skincare dengan kandungan anti aging dari Lanore. Dengan begitu, kamu bisa mencegah berbagai tanda penuaan dini dan hindari penuaan dini dengan lebih baik.