Dibaca : 55 Kali

10 Tips Mengurangi Kantung Mata & Tanda Penuaan Dini Lainnya!

News
07 Sep

Apakah kamu memiliki kebiasaan begadang dan terus berada di layar komputer? Jika kamu sering melakukan kebiasaan ini, maka kantung mata akan terbentuk disertai lingkar hitam pada mata. Meski hal ini adalah normal, kemunculan kantung mata biasanya bukan karena permasalahan kesehatan yang serius dan biasa terjadi akibat kelelahan. Selain itu, kantung mata juga menjadi salah satu tanda penuaan dini.

Mengutip Mayo Clinic, faktor penyebab kantung mata meliputi:

-        Pengumpulan cairan, terutama ketika bangun tidur atau setelah mengonsumsi makanan asin.

-        Kurang tidur.

-        Alergi.

-        Merokok.

-        Keturunan.

Jika kamu memiliki kantung mata yang disertai lingkaran hitam pada mata, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kantung mata tersebut. Di bawah ini adalah beberapa tips mengurangi kantung mata yang bisa kamu lakukan di rumah.

Kompres mata dengan es batu

Untuk mengurangi efek kantung mata, kamu bisa coba mengompres mata dengan handuk berisi es batu untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata. Kamu bisa coba bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih dan kompres ke mata. Kamu juga bisa membasahi waslap dengan air dingin dan mengoleskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama.

Tidur lebih awal

Orang yang tidak pernah mendapatkan waktu tidur cukup pada malam hari juga bisa menyebabkan pembuluh darah dalam tubuh melebar, sehingga mengakibatkan peningkatan aliran darah. Jadi pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu selama tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk membantu menghilangkan kantung mata.

Tinggikan kepala saat tidur

Menurut ahli kecantikan Karly O'Keefe, meninggikan kepala saat tidur juga bisa mengurangi kantung mata. Jadi, cobalah untuk tidur dengan bantal tambahan. Cara ini akan bantu mencegah cairan menggenang di bawah mata dan mencegah pembengkakan dan peradangan pada mata. Karena jika kamu tidur dengan posisi telentang, cairan dapat menggenang di kelopak mata bagian bawah dan menyebabkan munculnya kantung mata.

Kompres dengan kantong teh

Tidak hanya untuk dikonsumsi, teh juga dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan berpotensi memperlambat proses penuaan. Kamu bisa coba menggunakan kantung teh hijau yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi. Cobalah seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit, kemudian biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit. Lalu, cobalah peras cairan ekstra dan letakkan kantong teh ke area kantung mata. Biarkan selama 15 hingga 30 menit.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan pada area mata akan melemah. Jadi, untuk menjaga area mata tetap segar dan sehat, cobalah tingkatkan asupan vitamin C yang dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat dan mampu menghilangkan kantung mata.

Kompres dengan sendok dingin

Hanya dengan bermodalkan sendok dingin, kamu juga bisa coba mengurangi kantung mata. Cobalah masukkan dua sendok logam ke dalam freezer di malam hari dan gunakan keesokan harinya. Kamu bisa meletakkan bagian belakang sendok dingin di bawah mata dan sedekat mungkin dengan sudut bagian dalam. Berikan sedikit tekanan dan pijat perlahan. Pijatan inilah yang akan membantu mengalirkan cairan yang terkumpul di kantung mata dan sendok dingin yang akan membantu mengurangi bengkak.

Kompres mata dengan timun dingin

Jika kamu pernah melakukan spa, kamu mungkin diberi timun dingin di sekitar mata. Timun memiliki kandungan vitamin C dan asam kafeat yang mampu meredakan mata lelah dan menghilangkan kantung mata, juga  mengurangi bengkak. Untuk mengurangi kantung mata, kamu bisa coba potong dua iris timun dingin dan kompres mata sembari berbaring. Biarkan selama 10 menit dan jangan dibilas agar nutrisi terserap maksimal.

Olahraga teratur

Olahraga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi yang membawa aliran darah ke kulit untuk membantu proses regenerasi sel kulit agar jadi lebih cerah dan tampak lebih muda, termasuk menghilangkan kantung mata. Selain itu, olahraga juga dapat menghasilkan endorfin yang berfungsi untuk menghilangkan depresi dan kecemasan, membuat lebih bahagia dan tenang sehingga kamu bisa tidur nyenyak.

Konsumsi makanan laut

Makanan laut seperti ikan salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden yang kaya Omega 3 juga mampu meningkatkan aliran darah ke kulit serta memindahkan darah keluar menjauhi area mata sehingga mampu menghilangkan kantung mata. 

Gunakan Lanore Anti Aging Eye Gel

Untuk mengurangi kantung mata, kamu juga bisa menggunakan Lanore Anti Aging Eye Gel yang memberikan solusi bagi kamu yang memiliki masalah pada kantung mata. Kandungan alaminya juga mampu menghilangkan wrinklesdark circles, dan puffinessdi area sekitar mata. Untuk hasil maksimal, gunakan setiap hari dan sesering mungkin.

Selain menggunakan Lanore Anti Aging Eye Gel, kamu juga bisa menggunakan rangkaian produk skin care dari Lanore untuk mengurangi masalah dan tanda penuaan dini lainnya. Mulai dari Lanore Serum intelgold, Lanore Serum Whitening & Antiaging, dan Lanore Moisturiser Cleansing Gel.

Seluruh kandungan produk skin care dari Lanore mengandung ekstrak akar bunga peony dan teknologi 3D pearl dari Prancis yang membuat Lanore mampu mencerahkan sekaligus menyamarkan noda hitam pada kulit wajah, hingga membantu mengurangi tanda penuaan dini. Jadi, bagi kamu yang ingin tetap cantik dan awet muda, pastikan kamu selalu menggunakan rangkaian produk skin care dari Lanore secara rutin untuk dapatkan hasil maksimal.