Dibaca : 621 Kali

Bibir Kering? Mungkin karena Penggunaan Masker

News
01 Jan

Memakai masker di zaman sekarang sudah menjadi satu hal yang penting, banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan penggunaan masker seperti : terhindar dari virus dan bakteri, mengurangi menghirup polusi dsb.

 

Namun, dari sisi kecantikan masker juga bisa membuat kondisi seputar wajah bermasalah.

Bagi yang punya kulit wajah yang sensitive dengan jerawat, menggunakan masker menjadi pemicu timbulnya jerawat. Dan ternyata memakai masker bisa membuat bagian bibir kering dan pecah-pecah, ujung mulut menjadi kering dan luka.

 

Penyebab bibir kering dan pecah pada saat menggunakan masker adalah karena, ketika seseorang bernapas melalui mulut saat menggunakan masker, masker menahan kelembapan hangat saat kita mengeluarkan napas, kelembapan hangat yang terperangkap inilah yang akhirnya bisa mengiritasi kulit. 

 

Ada beberapa cara mencegah nya :

 

1. Pilih masker yang tepat

Gunakan bahan masker yang lembutm hindari menggunkan bahan yang keras untuk masker, Selain itu juga perlu untuk menggunakan masker dengan ukuran yang pas sehingga tidak perlu untuk mneyetuh berulang-ulang yang membuat masker menggesek wajah dan juga tidak menularkan kuman.


2. Lakukan Eksfoliasi bibir 

Bibir kering dan gesekan dapat menyebabkan bibir tidak sehat dan terjadi penumpukan sel kulit mati. Eksfoliasi secara teratur akan membantu untuk menjaga Kesehatan bibir.


3. Gunakan Pelembap bibir

Untuk mencegah dan mengatasi kekeringan, pastikan bibir dalam kondisi lembap, mengoleskan lip balm yang kaya akan Vitamin E atau petroleum jelly setiap saat.