Dibaca : 586 Kali

Atasi Kantung Mata Hitam dan Penuaan Dini Akibat Begadang, Ini Cara Mudahnya!

News
01 Jan

Sangat mudah bagi seseorang untuk mengalami kondisi kurang tidur akibat begadang. Lama kelamaan waktu istirahat optimal berkurang, entah karena pekerjaan atau hangout dengan teman. Hal ini juga memengaruhi kesehatan serta penampilan kulit, seperti tampak kusam, meningkatkan risiko kerutan, dan menyebabkan mata panda alias kantung mata hitam.

 

Apa yang terjadi pada kulit kalau kamu sering begadang?

Beauty sleep bukan cuma istilah, karena memang nyatanya kamu butuh waktu istirahat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit. Apalagi ada satu dampak negatif akibat sering begadang yang sudah terbukti oleh para ahli, yaitu penuaan dini. Berikut dampak lain untuk kulit yang juga penting kamu ketahui:

 

?      Tingkat kelembapan kulit menurun

Ketika seseorang kurang tidur, level pH pada kulit juga akan ikut terpengaruh. Biasanya akan menurunkan kelembapan dan menjadi lebih kusam. Kilau alami yang seharusnya ada di kulit sehat lama kelamaan akan menghilang.

 

?      Regenerasi kulit terhambat

Ketika seseorang tidur, khususnya malam hari, tubuh tidak hanya beristirahat tapi juga melakukan proses regenerasi melalui cara eliminasi dan pergantian sel-sel mati. Bukan hanya darah, tapi juga kulit. Jadi, jika kamu termasuk sering begadang bukan tidak mungkin kondisi kulit jadi semakin kasar dan warna kulit tidak merata sehingga kulit tampak kusam.

 

?      Kulit dehidrasi dan lebih mudah berjerawat

Sebenarnya hal yang satu ini termasuk efek lebih panjang dari regenerasi kulit yang tidak optimal. Tanda awal dari kulit dehidrasi antara lain kusam, lebih sensitif, hingga terasa gatal atau bersisik. Setidaknya kamu harus mencukupi waktu istirahat yang berkualitas 7-8 jam sehari. 

 

?      Muncul tanda penuaan dini

Bila waktu istirahat tidak segera dipenuhi, akan muncul tanda penuaan dini seperti garis halus atau kerutan pada kulit. Bintik hitam dan kantung mata hitam juga seringkali jadi tanda yang tampak lebih jelas pada kulit. 

Tips mengatasi kantung mata hitam dan cegah penuaan dini 

Ada cara lebih simpel yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantung mata hitam ataupun kulit yang mengalami penuaan dini. Bahkan beberapa cara ini memang dianjurkan untuk dilakukan di rumah. Apa sajakah itu?

 

?      Gunakan kompres dingin

Kompres dingin mampu membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi munculnya bengkak dan mengatasi kantung hitam pada mata. Pertama-tama, bungkus beberapa es batu dengan waslap bersih dan oleskan pada mata. Kamu juga bisa membasahi waslap dengan air dingin lalu mengompres kulit di bawah mata setidaknya 20 menit untuk manfaat yang sama. 

 

?      Gunakan kompres teh

Mengompres dengan kantung teh juga ternyata bisa memberikan manfaat serupa dengan air dingin. Di dalam teh terkandung kafein dan antioksidan yang membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi tersimpannya cairan di bawah kulit. Pertama, rendam dua kantung teh hitam atau hijau dalam air panas selama lima menit. Letakkan kantung teh di lemari es selama 15 hingga 20 menit. Saat sudah dingin, kompres pada mata selama 10 hingga 20 menit. Setelah dilepas, bilas kulit sekitar mata dengan air hingga bersih.

 

?      Dapatkan waktu tidur ekstra

Bagaimanapun, mengejar waktu tidur penting untuk membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam. Terlalu sering begadang bisa berbahaya bagi kesehatan psikis dan psikologis. Ada posisi tidur yang baik, yaitu dengan meninggikan kepala menggunakan beberapa bantal untuk mencegah cairan menggenang di bawah mata yang bisa membuatnya terlihat bengkak.

 

?      Gunakan skincare berkualitas

Jangan lupa juga untuk merawat kulit dengan skincare yang cocok untuk kulit kamu. Pilih Lanore Anti Aging Eye Gel yang bisa menjadi solusi bagi yang memiliki masalah pada kantung mata. Eye gel ini memiliki tekstur gel yang ringan, cair, dan mudah meresap ke dalam kulit. Kandungan alaminya mampu menghilangkan membantu menyamarkan kerutan, lingkaran hitam, ataupun bengkak di area sekitar mata. Dengan aplikator Roll Ball nya memberikan sensasi dingin dan membantu melegakan mata yang lelah serta memperlancar aliran peredaran darah di area sekitar mata. Gunakan setiap hari untuk hasil maksimal. 

Kantung mata hitam bisa diatasi dengan cara yang mudah asalkan kamu konsisten dan rutin melakukan perawatan. Hindari begadang terlalu sering untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulitmu. Cegah penuaan dini dengan mengubah pola hidup lebih sehat dan gunakan skincare lebih teratur, ya.