Dibaca : 426 Kali

Sudah Rutin Memijat Wajah? Ternyata Bisa Bantu Kulit Awet Muda & Anti Kerutan Lho!

Blog
02 Oct

Siapa yang tidak ingin kulit wajah tampak sehat dan awet muda? Setiap orang pasti berharap bisa mendapatkannya bukan? Nah, salah satu cara untuk mendapatkan kulit sehat dan awet muda adalah dengan melakukan facial massage atau pijat wajah. Ini merupakan perawatan kulit dengan teknik yang melibatkan stimulasi titik-titik tekanan pada wajah, leher, dan bahu. Dalam proses pemijatannya, biasanya akan ada pelembap atau minyak serta alat bantu seperti roller wajah yang akan diaplikasikan pada wajah. Lalu bagaimana cara memijat wajah dengan benar dan apa saja manfaatnya bagi kulit? Yuk simak jawabannya!

Manfaat Pijat Wajah

Pijat wajah sebenarnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan kulit sambil membantu mengendurkan otot-otot wajah. Efek pijat wajah yang berupa relaksasi dan peremajaan ini akan membantu kamu merasa lebih baik. Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat pijat wajah yang bisa kamu dapatkan.

1. Anti-aging dan kerutan

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, bahwa salah satu manfaat utama pijat wajah adalah untuk membuat penampilan kulit secara keseluruhan menjadi lebih muda. Sebuah studi di Plos One meneliti bahwa efektivitas pijat wajah yang mencakup alat penunjang aktivitasnya. Partisipan yang menggunakan krim anti aging dan dipijat dengan alat pendukung pada wajah dan lehernya selama 8 minggu menunjukkan hasil yang signifikan dari sisi kerutan, tekstur, dan kekenduran kulit. 

2. Mengurangi jerawat

Kulit yang distimulasi dengan pijatan nyatanya juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi munculnya jerawat. Berdasarkan situs web Healthline, beberapa orang melakukan pijatan pada wajah dengan mengaplikasikan minyak zaitun untuk mengobati jerawat. Hasil dari tindakan ini cukup bervariasi bagi beberapa jenis kulit. 

Namun, perlu diperhatikan jika pemijatan bertujuan mengobati dan mencegah jerawat disarankan untuk disertai dengan eksfoliasi yang pada akhirnya akan membuat pengelupasan kulit di area sensitif.

3. Kulit bercahaya

Pijat wajah juga bisa membantu kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Penelitian yang dirangkum dalam Journal of Technologymenunjukkan bahwa 59 persen wanita yang melakukan pijat wajah akan merasakan wajahnya mengalami peremajaan sehingga seperti menjadi bertambah segar. 

Sedangkan, sekitar 50 persen diantaranya juga merasakan kulitnya semakin kencang. Bukti tersebut memperkuat klaim bahwa merangsang otot-otot wajah dapat membantu mengencangkan kulit, melemaskan otot-otot yang tegang dan meningkatkan sirkulasi.

4. Memperlancar aliran darah ke kulit

Roller pijat juga memiliki dampak baik bagi aliran darah di kulit dan membantu memperbaiki tampilan kulit. Menurut penelitian pada tahun 2018, orang-orang yang melakukan pijat wajah setiap 5 menit dengan roller pijat dapat meningkatkan aliran darah ke area wajah dan sekitarnya selama 10 menit setelah pijatan. Nah, setelah 5 minggu masa pemijatan, respons aliran darah terhadap panas meningkat secara signifikan.

5. Peremajaan wajah

Pijat wajah juga dapat membantu meredakan ketegangan sekaligus meningkatkan relaksasi.  Jurnal penelitian yang dipublikasikan pada 2018 ditunjukkan bahwa efektivitas pijat wajah dapat mendorong peremajaan kulit yang ditandai dengan bertambah kuatnya ketebalan otot wajah dan sel-sel lain disekitarnya. 

Langkah Pijat Wajah yang Tepat & Bisa Dilakukan di Rumah

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa pijat wajah dapat memperlancar peredaran darah serta membuat kulit wajah tetap elastis. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa melakukannya sekali hingga dua kali dalam sehari demi dapatkan kulit cantik.

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pijat wajah di rumah.

  1. Pijat leher dengan mengusap ke arah bawah dengan seluruh telapak tangan.
  2. Lakukan tepukan ringan di bawah rahang dengan punggung jari.
  3. Usap dagu ke arah telinga dengan gerakan menjepit, menggunakan telunjuk, dan ibu jari.
  4. Dengan jari tengah dan jari manis, lakukan putaran kecil dari dagu ke ujung mulut hingga cuping hidung.
  5. Usap pipi dengan seluruh telapak tangan ke arah pelipis.
  6. Gunakan jari tengah dan manis untuk melakukan pijatan di pangkal hidung melewati alis dan turun ke bawah mata. Ajari dengan ketukan ringan.
  7. Pijat pelipis dengan arah memutar ke dalam, kemudian akhiri dengan getaran memutar ke arah luar.
  8. Dengan jari tengah dan manis, pijat kening atas. Akhiri dengan usapan kiri ke kanan dan sebaliknya.
  9. Berikan ketukan ringan pada seluruh wajah dengan uah jung-ujung jari, mulai dari kening sampai ke dagu.
  10. Akhiri dengan usapan ringan pada leher menggunakan seluruh telapak tangan ke arah bawah.

Nah, itulah beberapa manfaat dan cara yang  bisa kamu lakukan untuk melakukan pijat wajah di rumah. Selain melakukan pemijatan wajah secara rutin, pastikan juga untuk selalu menggunakan rangkaian produk skin care dari Lanore untuk mendapatkan hasil maksimal.

Dengan rangkaian produk skincare dari Lanore, mulai dari Serum intelgold, Serum Whitening & Anti Aging, Moisturizer Cleansing Gel, Anti Aging Eye Gel, kamu bisa memperlambat proses penuaan hingga membantu kulitmu tampak lebih segar dan cerah. Yuk mulai rawat kulitmu sejak dini dengan Lanore!